body#layout ul {display:none;}

Wednesday, February 28, 2018

DESAIN GRAFIS SEBAGAI GAYA HIDUP MASYARAKAT MODERN


Coba perhatikan lingkungan disekitar anda, Baju yang anda pakai, Makanan kemasan yang anda konsumsi, Bahkan Kartu tanda penduduk yang anda miliki, itu semua adalah produk dari Desain grafis .
Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks jugadianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya,desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk didalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Contoh tipografi





Contoh Fotografi


Desain grafis  mengalami perjalanan yang sangat panjang , Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalamsebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa. Karya - karya Morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada awal abad ke 20.Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya Pelacakan perjalanan sejarah desain grafis dapat ditelusuri dari jejak peninggalan manusia dalam bentuk lambang-lambang grafis (sign & simbol) yang berwujud gambar(pictograf) atau tulisan (ideograf). Gambar mendahului tulisan karena gambar dianggap lebih bersifat langsung dan ekspresif, dengan dasar acuan alam (flora, fauna,landscape dan lain-lain). Tulisan/ aksara merupakan hasil konversi gambar, bentuk dan tata aturan komunikasinya lebih kompleks dibandingkan gambar. Belum ada yang tahu pasti sejak kapan manusia memulai menggunakan gambar sebagai media komunikasi. Manusia primitif sudah menggunakan coretan gambar di dinding gua untuk kegiatan berburu binatang. Contohnya seperti yang ditemukan di dinding gua Lascaux, Perancis.Ketika perguruan tinggi pertama kali berdiri di Eropa pada awal milenium kedua,buku menjadi sebuah tuntutan kebutuhan yang sangat tinggi. Teknologi cetak belum ditemukan pada masa itu.
Pada era modern seperti saat ini , teknologi terus berkembang alat cetak media pun semakin beragam dan canggih,mulai dari printer biasa hingga mesin cetak berukuran raksasa,itu semua di karenakan tuntutan dan gaya hidup masyarakat modern yang tidak bisa lepas dari produk desain grafis, pada jaman dulu pedagang berjualan barang dagangannya hanya dengan display seadanya, pada saat ini iklan media cetak seperti Banner,Spanduk dll.sudah sangat biasa digunakan untuk menaikan popularitas barang dagangan. Sama hal nya dengan pakaian yang menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari telah mengalami perkembangan yang sangat pesat bahkan telah menjadi salah satu target utama desain grafis
Dengan kata lain Desain grafis adalah Fashion, kebutuhan,dan juga gaya hidup. Tanpa desain grafis mungkin hidup kita tidak akan ceria dan berwarna.
Berterima kasihlah kepada para desainer grafis yang telah membuat hidup kita seindah sekarang, oleh karena itu perlakukanlah karya mereka dengan baik dan hargai hasil pekerjaannya sebab imajinasi dan konsep itu mahal Desain Grafis Bukan Desain Gratis.

Terima kasih




No comments:

Post a Comment