body#layout ul {display:none;}

Friday, March 9, 2018

DESAIN GRAFIS SEBAGAI UJUNG TOMBAK MARKETING








   Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai peran desain grafis sebagai alat jual suatu produk, saya akan melakukan sedikit perbandingan mengenai produk yang beredar di pasaran.

Saya akan mengambil contoh gula merah, menurut anda akan lebih menarik yang mana :

1. Gula merah yang dijual di pasar tradisional dengan kemasan daun kelapa

2. Gula merah dalam kemasan,yang di kemas dengan modern dan dijual di swalayan.



Gula merah biasa


Gula merah kemasan

   Secara visual gula merah dengan kemasan yang di jual di swalayan akan lebih menarik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan gula merah yang dijual di pasar tradisional dan di kemas dengan daun kelapa ,padahal produk yang dijualnya sama yaitu gula merah,dan rasanya pun juga sama, yaitu manis hal ini membuktikan bahwa packaging adalah unsur penting dalam pemasaran suatu produk.

Dari studi kasus di atas kita dapat melihat perbedaan yang signifikan tentang betapa pentingnya desain grafis dalam penjualan suatu produk,hal ini juga berlaku untuk eksistensi dan popularitas perusahaan.

Lalu bagaimana cara menjadikan desain grafis sebagai alat jual produk yang efektif ?

   Pernah mendengar pepatah bahasa inggris yang berbunyi : “Don’t Look a book Just from the Cover” yang artinya: “Jangan Lihat sebuah buku hanya dari sampulnya saja” alangkah bijaksana pepatah ini bila diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, Tapi dalam dunia desain grafis dan marketing hal ini tidak berlaku, orang akan terlebih dahulu melihat kemasan dari produk tersebut, semakin unik dan menarik kemasan suatu produk, maka akan semakin besar peluang mendapatkan popularitas yang baik.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan popularitas produk dengan desain grafis yaitu : 

1. Buat desain packaging yang sesuai dengan konten produk anda

   Pemilihan desain yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap popularitas produk anda.
Desain yang baik adalah desain yang dapat mewakili atau dapat menerangkan tentang produk anda contoh pada kemasan shampoo, perusahaan shampoo pasti akan menggunakan model dengan rambut yang indah dalam kemasan produknya, tidak mungkin menggunakan model bekepala plontos atau botak.




2. Buat desain packaging yang seunik mungkin,tanpa mengabaikan fungsinya

   Jika anda perhatikan produk makanan, saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat besar,coba anda pergi ke swalayan dan coba hitung ada berapa merk snack yang ada disana, dan semua merk tersebut memiliki desain packaging yang berbeda,semakin unik packaging mereka, akan semakin mudah jadi perhatian konsumen.
Contoh kemasan coklat Toblerone coklat ini memiliki desain packaging yang beda dari produk coklat lainnya,jika produk coklat lain secara umum memiliki kemasan berbentuk kotak atau balok,maka Toblerone memiliki bentuk Prisma yang apabila coklat di dalam nya di potong akan berbentuk segitiga.




3. Buat konsumen penasaran dengan produk anda

   Selain bentuk desain packaging anda juga bisa membubuhkan kalimat tambahan yang bisa membuat konsumen penasaran ingin membelinya,seperti “Rasakan lelehan coklat Swiss yang nikmat di lidah”, pada kenyataannya tidak semua orang pernah pergi ke Swiss dan mencicipi rasa coklat dari Negara tersebut,ini akan menjadi alasan konsumen untuk membeli produk anda.

4. Kualitas Packaging Berbanding lurus dengan kualitas isi produk
   Sehebat atau sebagus apapun desain packaging suatu produk, tidak akan bisa menjadi alat jual apabila kualitas isi produk jelek , apakah anda bersedia membeli gula pasir dengan kemasan yang menarik tapi setelah di lihat isinya bercampur dengan semut ? Atau apakah anda bersedia membeli keripik dengan kemasan unik tetapi rasanya tidak enak ? tentu tidak bukan..?.

5. Buat media promosi lain sebagai pendukung pemasaran produk anda

   Ada banyak jenis media untuk mempromosikan produk anda antara lain Banner, Poster, Pamflet, Brosur,billboard dll. Semakin banyak anda menggunakan media promosi,maka akan semakin cepat pula produk anda dikenal oleh masyarakat.




6. Lakukan serangan secara gencar di media social (Buat Iklan)

   Media social seperti Facebook, Instagram, Twiter dll.terbukti ampuh sebagai media promosi iklan anda, Buatlah iklan dengan tampilan visual semenarik mungkin, agar pembaca merasa tertarik dengan iklan anda.

7. Jangan merasa sayang mengeluarkan uang untuk membuat desain yang bagus

Harga tidak akan mengecewakan kualitas, Proses tidak akan mengkhianati hasil
   Hal tersebut mungkin sering anda dengar, memang untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik, anda harus rela memberikan harga lebih, hargai desainer yang membuatnya dengan layak, sebab anda juga ingin produk anda diterima dengan layak di pasar.

   Itulah beberapa trik untuk meningkatkan popularitas produk anda di pasar, ingat persaingan saat ini sangat ketat, jika produk anda tidak dipersenjatai dengan tepat , anda akan tertinggal bahkan mungkin produk anda tidak akan mampu bersaing dengan produk lain.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya,mohon maaf apabila masih sangat banyak kekurangan.

No comments:

Post a Comment